Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Jumat, 04 Juni 2010

Fakta Terbaru Manfaat Vitamin D

ANDA tentu sudah tahu bahwa vitamin D bagus untuk tulang. Ternyata tidak hanya itu, vitamin matahari ini juga dinyatakan berperan dalam mencegah asma, kanker, depresi, penyakit jantung, diabetes dan bahkan pertambahan berat badan. Mengapa dan bagaimana cara teraman memenuhi asupan vitamin D? Berikut uraiannya untuk Anda.

Vitamin D dan tulang
Vitamin D memungkinkan tubuh menyerap kalsium. Tanpa vitamin ini, tulang akan menjadi rapuh dan lemah. Pada orang dewasa, kurang vitamin D bisa memicu cacat tulang dan osteoporosis. Pada anak-anak, kekurangan vitamin D bisa menyebabkan rakitis, sejenis penyakit tulang. Anda bisa mencegah kondisi ini dengan mengonsumsi susu yang telah diperkaya dengan vitamin D.

ANDA
tentu sudah tahu bahwa vitamin D bagus untuk tulang. Ternyata tidak hanya itu, vitamin matahari ini juga dinyatakan berperan dalam mencegah asma, kanker, depresi, penyakit jantung, diabetes dan bahkan pertambahan berat badan. Mengapa dan bagaimana cara teraman memenuhi asupan vitamin D? Berikut uraiannya untuk Anda.

Vitamin D dan tulang
Vitamin D memungkinkan tubuh menyerap kalsium. Tanpa vitamin ini, tulang akan menjadi rapuh dan lemah. Pada orang dewasa, kurang vitamin D bisa memicu cacat tulang dan osteoporosis. Pada anak-anak, kekurangan vitamin D bisa menyebabkan rakitis, sejenis penyakit tulang. Anda bisa mencegah kondisi ini dengan mengonsumsi susu yang telah diperkaya dengan vitamin D.

Vitamin D untuk jantung dan pikiran
Kadar vitamin D rendah dalam darah mempunyai efek di luar masalah tulang. Studi-studi menemukan risiko gangguan jantung dan depresi yang lebih besar pada orang lanjut usia yang kekurangan vitamin D. Dan meskipun penyebabnya belum jelas, orang-orang yang menggunakan suplemen vitamin D berisiko tujuh persen lebih kecil meninggal dibandingkan mereka yang tidak menggunakan. Pada anak-anak, peneliti menemukan lebih banyak kasus asma parah saat kadar vitamin D rendah.

Vitamin D datang dari kulit
Tubuh bisa memproduksi vitamin D. Caranya, biarkan beberapa bagian tubuh Anda terpapar sinar matahari langsung selama 15 hingga 30 menit setiap hari. Akan tetapi, sinar UV yang menstimulasi produksi vitamin D juga bisa menyebabkan kanker kulit. Karena itu, sebagian besar pakar tidak menganjurkan mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari.

Berisiko kekurangan
Studi-studi menemukan, kekurangan vitamin D dialami oleh orang dewasa, bayi, anak-anak dan remaja. Diet Anda kemungkinan meningkatkan risiko jika rendah susu atau makanan yang secara alami mengandung vitamin D (seperti salmon dan telur). Sebagian besar orang-orang dengan kadar vitamin D rendah tidak menyadari gejala apa pun. Faktor risiko yang juga memengaruhi adalah obesitas, gangguan pencernaan seperti celiac disease, usia (50 tahun ke atas) dan beberapa jenis obat.

Tekanan darah dan vitamin D
Kombinasi tekanan darah tinggi dan kekurangan vitamin D bisa berbahaya. Dalam sebuah studi observasi, orang-orang dengan hipertensi dan kekurangan vitamin D berisiko dua kali lipat mengalami gangguan jantung dibandingkan partisipan lain. Akan tetapi, kekurangan vitamin D pada orang-orang yang bebas hipertensi tidak berkaitan dengan masalah kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

Vitamin D dan kanker payudara
Vitamin D rendah memperburuk prognosis (kemungkinan sembuh) perempuan dengan kanker payudara. Dalam sebuah studi, perempuan yang kekurangan vitamin D saat terdiagnosis kanker payudara, berisiko 94 persen lebih besar mengalami penyebaran kanker. Selain itu, mereka juga berisiko 73 persen lebih besar mengalami kematian dalam rentang 10 tahun ke depan. Studi-studi lain mengindikasikan bahwa vitamin D juga bisa melindungi dari serangan kanker payudara.

Vitamin D dan kanker lainnya
Vitamin D menawarkan perlindungan terhadap dua jenis kanker lainnya: kanker kolon dan kanker prostat. Tapi, vitamin D bukanlah senjata ajaib. Efek melawan kanker dari vitamin ini kemungkinan hanya terbatas pada orang-orang yang sehat, tidak kelebihan berat badan dan olahraga aktif.

Vitamin D dan depresi
Hubungan antara vitamin D dengan depresi belum jelas. Akan tetapi, studi-studi telah menghubungkan kadar vitamin D rendah dengan depresi di antara lelaki dan perempuan lanjut usia. Kekurangan vitamin D, menurut pakar, membuat kelenjar paratiroid memproduksi lebih banyak hormon. Kadar vitamin D rendah dan kadar hormon paratiroid tinggi telah dikaitkan dengan keparahan depresi.

Vitamin D dan Pertambahan berat badan
Setelah menopause, sebagian besar perempuan mengalami penambahan berat badan hingga mencapai usia pertengahan 60-an. Bukti menunjukkan bahwa penggunaan vitamin D dan suplemen kalsium bisa memperlambat penambahan berat badan tersebut. Sebuah studi menemukan, perempuan yang kekurangan kedua vitamin D dan kalsium di awal studi, berisiko 11 persen lebih kecil mengalami pertambahan berat badan dan cenderung mempertahankan berat badan atau bahkan menurunkan berat badan setelah mengonsumsi suplemen tersebut.

Vitamin D dan anak-anak
Bukti menunjukkan, anak-anak yang mendapatkan vitamin D cukup, baik dari matahari atau suplemen, mengalami pengurangan risiko diabetes tipe 1. Studi-studi juga menghubungkan kekurangan vitamin D dengan kasus asma parah pada anak-anak. Anak-anak penderita asma yang memiliki kadar vitamin D rendah lebih sering dirawat dan menggunakan lebih banyak obat asma.

Awali hari dengan vitamin D
Diet merupakan salah satu cara mendapatkan vitamin D. Cobalah mengonsumsi susu atau sereal yang telah diperkaya dengan vitamin D sebagai sarapan pagi.

Vitamin D saat makan malam
Ikan, khususnya salmon, tuna, makarel dan sarden, merupakan makanan sumber vitamin D. Satu porsi salmon (tiga ounce) menyediakan hampir 200 persen dari anjuran vitamin D harian.

Telur, keju dan vitamin D
Makanan lain yang juga mengandung vitamin D adalah kuning telur, cod liver oil, hati sapi, margarin, yogurt dan keju.

Suplemen vitamin D
Untuk memastikan kecukupan vitamin D, banyak pakar yang menganjurkan penggunaan suplemen. Sebagian besar tablet multivitamin mengandung 400 internasional unit (IU) vitamin D. Artinya, konsumsi dua tablet sehari bisa memenuhi anjuran vitamin D harian untuk sebagian besar orang dewasa. (IK/OL-08)

0 komentar:

Posting Komentar